Get Adobe Flash player
Bimbel Prestasi Jakarta
Kegiatan Belajar Mengajar di Bimbel Prestasi
Kegiatan Ekstrakulikuler di Bimbel Prestasi
Staff Pengajar

Selamat Datang

Selamat datang di situs www.prestasibimbel.com, kami adalah lembaga pendidikan yang berpengalaman dalam bidang bimbingan belajar yang diperuntukan bagi siswa taman kanak - kanak hingga sekolah menengah keatas, di situs ini anda akan banyak menemukan artikel - artikel yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan serta informasi yang berkaitan tentang kami.

Our Links

     

Data Statistik

Flag Counter

Pengunjung

We have 58 guests and no members online

Lebaran berat badan cenderung naik ?, Waspadalah !!

Seringkali kita berusaha untuk diet pada saat puasa Ramadhan, tetapi lupa untuk mengontrol kembali nafsu makan kita pada saat hari raya lebaran tiba, memang pada hari ini kita bersuka cita merayakan kemenangan atas ujian selama sebulan penuh, dan merayakannya dengan berbagai aneka makanan serta kedatangan tamu & keluarga, tapi bukan berarti artinya kita boleh menyantap makanan tersebut sesuka hati kita dengan takaran yang berlebihan. dan menyebabkan naiknya berat badan serta meyebabkan penyakit.

Pakar nutrisi dan kesehatan Andriyani Wagianto mengatakan berat badan cenderung naik setelah puasa dan lebaran.

“Tidak sedikit orang cenderung lebih gemuk setelah berpuasa dan lebaran karena kebiasaan makan yang tidak terkontrol,” kata Andriyani di Jakarta.

Nutrition and Health Manager perusahaan multinasional tersebut mengatakan bahwa lebaran identik dengan makanan yang melimpah, enak, bersantan, berkalori dan berkolesterol tinggi seperti opor, rendang, sambal goreng, aneka kue dan minuman manis.

“Jika tidak mengontrol asupan makanan, maka orang akan menjadi lebih gemuk dari pada sebelum Ramadan,” tambah dia.

Menurut Andriyani, jika dijalankan dengan baik puasa memberikan manfaat yang baik seperti mengurangi kebiasaan buruk misalnya merokok, mendetoksifikasi tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, mengontrol berat badan, menurunkan kolesterol dan kadar gula darah.

“Tapi kondisi yang kita temui ada orang yang menjalankan puasa mengantuk dan lemas, padahal kalau kita menjalankan puasa dengan baik akan sehat-sehat saja,” katanya.

Agar berat badan tetap terjaga saat puasa dan setelah lebaran maka perlu memperhatikan asupan makanan yang tepat dan lebih sehat.

Juga penting untuk mengetahui dan mengontrol jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh agar berat badan tetap terjaga.

Makanan yang dikonsumsi harus memenuhi komposisi nutrisi seimbang terdiri dari karbohidrat kompleks, makanan berserat, mengandung vitamin, mineral dan protein.

Untuk menyiasati kegemukan pasca lebaran, Andriyani memberikan beberapa tips antara lain membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi agar tingkat kalori tetap normal.

“Makanlah dengan piring kecil untuk menghindari makan berlebihan. Jangan makan terburu-buru dan jangan lupa mengkonsumsi sayur dan buah untuk mencegah sembelit dan gangguan pencernaan,” kata dia.

Di samping itu juga penting mengimbangi masuknya kalori dengan membakar kalori yaitu dengan olah raga yang rutin saat libur lebaran.

Arrahmah.com