Get Adobe Flash player
Bimbel Prestasi Jakarta
Kegiatan Belajar Mengajar di Bimbel Prestasi
Kegiatan Ekstrakulikuler di Bimbel Prestasi
Staff Pengajar

Selamat Datang

Selamat datang di situs www.prestasibimbel.com, kami adalah lembaga pendidikan yang berpengalaman dalam bidang bimbingan belajar yang diperuntukan bagi siswa taman kanak - kanak hingga sekolah menengah keatas, di situs ini anda akan banyak menemukan artikel - artikel yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan serta informasi yang berkaitan tentang kami.

Our Links

     

Data Statistik

Flag Counter

Pengunjung

We have 8 guests and no members online

Seimbangkan Otak Kiri dan Kanan

Otak adalah pusat sistem saraf yang ada pada vertebrata dan banyak invertebrata lainnya. Otak memiliki fungsi untuk mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia.

Manusia memiliki otak besar atau cerebrum yang merupakan bagian terbesar dari otak manusia dengan fungsi memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan (www.terapimusik.com).

Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan otak kiri dan otak kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda.

Perbedaan antara otak kiri dan otak kanan :

Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

Sedangkan otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.

Orang yang memiliki keseimbangan anatar otak kiri dan kanan, maka dia bisa menjadi orang yang cerdas sekaligus pandai bergaul atau bersosialisasi. Jika kedua fungsi otak ini seimbang, maka manfaat yang diperoleh antara lain :

•    berfikir lancar
•    emosi terkendali
•    daya hafal meningkat
•    responsif terhadap semua rangsangan
•    dll

Seimbangkah otak kiri dan kanan kita ?

Mau tahu bagaimana cara mengujinya?

internet sangat memudahkan kita untuk mendapatkan banyak informasi, tak terkecuali keseimbangan otak kiri dan kanan yang bisa diuji secara online. Saat ini sudah banyak situs web yang memiliki fungsi atau layanan yang dapat digunakan untuk menguji keseimbangan otak.

Salah satu situs yang saya sudah coba untuk menguji keseimbangan otak kiri dan kanan saya adalah situs web yang beralamat

http://en.sommer-sommer.com/braintest/.

selamat mencoba.......