Get Adobe Flash player
Bimbel Prestasi Jakarta
Kegiatan Belajar Mengajar di Bimbel Prestasi
Kegiatan Ekstrakulikuler di Bimbel Prestasi
Staff Pengajar

Selamat Datang

Selamat datang di situs www.prestasibimbel.com, kami adalah lembaga pendidikan yang berpengalaman dalam bidang bimbingan belajar yang diperuntukan bagi siswa taman kanak - kanak hingga sekolah menengah keatas, di situs ini anda akan banyak menemukan artikel - artikel yang berkenaan dengan ilmu pengetahuan serta informasi yang berkaitan tentang kami.

Our Links

     

Data Statistik

Flag Counter

Pengunjung

We have one guest and no members online

Berbagai Macam Mesin Motor Multi Silinder & Karakteristiknya

Pernahkah anda ketika berkendara atau berada di jalan raya melihat motor multi silinder...? motor multi silinder di negara kita Indonesia memang terbilang jarang karena hampir semua motor di Indonesia adalah bermesin satu silinder, tetapi semenjak ada salah satu pabrikan roda dua yang menjual salah satu produknya dengan fitur multi silinder, maka pasar motor multi silinder di Indonesia sudah tidak bisa dibilang jarang lagi, bahkan semakin berkembang.

pada umumnya mesin multi silinder digunakan oleh motor - motor yang berkapasitas mesin besar, yaitu kurang lebih 600 cc keatas, maka dari itu motor bermesin ini bisa dibilang barang mahal dan langka, tetapi kelangkaan serta kemahalannya itu bukan berarti kita harus tidak tahu menahu tentang apa yang ada didalam motor tersebut, pada kesempatan kali ini bimbel prestasi ingin mengulas beberapa macam bentuk mesin multi silinder yang ada pada motor-motor besar.

sebelum kita membahas ke pembahasan yang mendalam ada beberapa istilah yang ingin kami sampaikan untuk memudahkan pemahaman isi pembahasan berikut

Torsi : Torsi adalah tenaga untuk menggerakkan, menarik atau menjalankan sesuatu (pulling power). Satuan untuk torsi di internasional adalah feet/lbs, feet-pounds atau Newtonmeter (Nm). Torsi dihasilkan dari jarak dan kekuatan, dan untuk menghitung Torsi anda bisa kalikan tenaga dengan jarak. Mesin dari kendaraan menghasilkan torsi dan menggunakannya untuk menggerakkan crankshaft. Jadi, torsi adalah tenaga yang digunakan pada suatu jarak tertentu. dengan kata lain torsi adalah tarikan/putaran awal pada kendaraan, semakin tinggi torsi kendaraan tersebut, maka semakin cepat kendaraan ini dapat berakselerasi.

Horse Power : Horse Power artinya adalah Daya kuda atau Tenaga kuda, istilah ini adalah salah satu unit pengukuran daya yang pada umumnya setara dengan 735.5 hingga 745.7 watt. Pada awalnya, istilah daya kuda digunakan untuk membandingkan performa antara mesin uap dengan kemampuan tarikan kuda (draft horse). Setelah itu, satuan ini diadopsi untuk mengukur daya keluaran dari piston, turbin, motor listrik, dan mesin lainnya. dengan kata lain Horsepower adalah tarikan/putaran atas yang dihasilkan mesin kendaraan, semakin besar Horsepower yang dimiliki kendaraan tersebut semakin cepat pula kendaraan ini dapat mencapai kecepatan tertingginya

Jenis mesin multi silinder yang terkenal ada 3 Jenis :

1.) Mesin Inline 4 atau 2
 
 
 
Karakter Mesin : Horse Power Melebihi Torsi  
Mesin ini Identik dengan Varian Yamaha & Kawasaki
 
Mesin Inline adalah mesin sejajar 4 atau 2 silinder. Identik dengan mesin motor Yamaha dan Kawasaki. Ciri khas mesin ini adalah “lambat” di rpm bawah (putaran bawah) karena torsi yang dihasilkan relatif kecil, namun memiliki tenaga puncak yang begitu ganas. Efeknya adalah mesin Inline memberikan kepercayaan pengendara untuk lebih berani membejek gas, terutama saat berada di tikungan cepat dan trek lurus.
 
 
2.) Mesin V  Configuration
 
 
Karakter Mesin : Horse Power Seimbang dengan Torsi  
Mesin ini Identik dengan Varian Honda, Aprilia serta Harley Davidson dan beberapa motor Touring ber cc Besar

Mesin V seperti RC212V atau Aprilia RSV4. Kata kata “V” merupakan bentuk dari susunan silinder. Karakter mesin seperti ini adalah kombinasi sempurna antara torsi dan horse power. Meski demikian dalam kondisi ekstrim mesin tipe kompromis “V” seringkali kalah dibandingkan mesin “L” di saat menghadapi sirkuit yang butuh torsi ataupun terhadap mesin inline di sirkuit lainya. Tapi overall mesin “V” saat ini memang sangat digemari khususnya bagi para pencinta trackday!
 
 
3.) Mesin L Configuration
 
 
Karakter Mesin : Torsi Melebihi Horse Power
Mesin ini Identik dengan Varian Ducati & KTM
 
Mesin L twin identik dengan Ducati, tapi jangan salah KTM juga mengandalkan mesin berkonfigurasi ini. Mesin tipe ini cenderung liar dan ganas diputaran bawah namun kurang bertenaga diputaran atas, tetapi keunggulan mesin ini adalah mampu berakselerasi lebih cepat dibanding mesin V apalagi inline. Yang jelas tidak mudah untuk menguasai karakter mesin L ini!